Ikatlah Ilmu Yang Kamu Miliki Dengan Menulis, Ingatlah Ilmu Yang Kamu Miliki Dengan Berbagi

Jumat, 19 April 2013

Langkah Mudah Menggunakan Kamera DSLR





Menggunakan kamera DSLR sebenarnya mudah apabila kita mau mempelajari dan mempraktekannya secara terus menerus sebagai upaya mengasah insting fotografi kita, serta menimbulkan sense of art dalam diri kita.
Untuk pemula dapat memperoleh foto yang bagus, indah dan berseni bukanlah hal sulit, cukup hanya dengan mengikuti langkah berikut. Maka saya yakin siapapun dpat menghasilkan foto yang indah. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
·         Setting mode kamera pada mode ‘AV [Aperture Value]
Pada mode ini besaran shutter speed akan berubah secara otomatis mengikuti nilai aperture [F] yang kita pilih, dengan begitu maka komposisi antara shutter speed dan aperture akan diperoleh secara mudah.
Aperture terbaik sebenarnya ada pada nilai F 8.0 namun apabila kita ingin memperoleh Depth on Field [situasi disekitar objek foto terlihat jelas] yang lebih panjang dan tajam maka kita dapat menggunakan nilai F 4.0
·         Gunakan ISO 100
Dengan menggunakan ISO 100 maka shutter speed yang tepat berada pada nilai di atas 1/60 agar tidak goyang [shake].
·         Gunakanlah lensa wide
Seorang pemula lebih baik menggunakan lensa wide ukuran 18-55 mm atau 17-85mm agar lebih mudah dalam menangkap objek yang diinginkan.
      Setelah semua siap maka perlu diperhatikan beberapa hal ini sebelum anda melakukan pengambilan gambar, yaitu arah datangnya matahari, background dan penentuan angle.
      Setelah itu anda bisa mencoba untuk melakukan panning [menggerakan kamera kea rah objek] bertepatan dengan melepaskan tombol shooting. Dengan begitu kita dapat memperoleh gambar objek yang jelas dengan background yang tidak jelas.
      Bagus tidaknya hasil panning tergantung kepada cepat lambatnya gerakan kita. Jika gerakan bersamaan dengan gerakan objek maka gambar yang dihasilkan akan jelas, namun apabila kamera lebih cepat atau lebih lambat maka hasilnya akan blur.
            Jadi selamat mencoba kawan, praktek dan praktek karena teori hanyalah modal awal dan tidak dapat mengasah keahlian kita.

2 komentar:

gimana klo kita mau membekukan objek yang bergerak cepat, apa ttp menggunakan AV mode?

Saya sarankan jangan, untuk menangkap objek yang bergerak dengan cepat agar terlihat diam ketika di foto kita harus memperhatikan penyetelan shutter speed secara manual. sehingga dianjurkan tidak menggunakan mode AV, silahkan pilih shutter speed pada tingkat 1/100 atau tingkat diatasnya untuk membekukan objek yang bergerak cepat

Posting Komentar

Share To

Favorites More

Social Network